Senin, 14 Februari 2022

MABAR - EDISI JANUARI 2022

 


Akhirnya, Tahun 2021 telah berakhir dengan segala keberkahannya tak terkecuali pencapaian kinerja kami di ULP Serang yang harus disyukuri. Kerja keras dan kerja ikhlas dari semua bidang dalam usaha mencapai target yang telah ditetapkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dan perlu diapresiasi setinggi-tingginya.Sebagai nahkoda baru perahu layar ULP Serang, saya selalu berusaha meneruskan sikap kerja dan motivasi yang baik kepada rekan-rekan di ULP Serang yang sudah dibentuk oleh pimpinan sebelumnya, perlu diketahui bahwa saya baru memimpin di ULP Serang selama 2 bulan, langkah pertama yang perlu saya lakukan adalah memahami karakteristik pelanggan-pelanggan listrik yang dilayani oleh ULP Serang. Sebagai Ibukota Provinsi Banten, ULP Serang pasti akan selalu menjadi sorotan utama terkait pelayanan dan kehandalan jaringan listrik. Tidak sedikit keluhan dan complain yang masuk ke kami setiap harinya, tentu ini perlu sekali komitmen dan konsistensi percepatan pelayanan demi tercapainya kepuasan pelanggan. Berbicara tentang pelayanan, Saat ini kami memiliki  287.435 pelanggan yang tersebar di Kota Serang dan sebagian Kabupaten Serang. Lantas bagaimana kami bisa melayani seluruh pelanggan yang ada? Ini lah yang menjadi tantangan kami saat ini dan kedepan dengan perkembangan pelanggan yang cukup tinggi sebesar 3,67% setiap tahunnya

Seiringin berjalannya waktu, tuntutan pelayanan yang prima dan kecepatan penanganan keluhan maupun gangguan semakin tinggi. Oleh sebab itu, kami berusaha mengembangkan program-program yang telah ditetapkan oleh PLN Pusat, berinteraksi dan bersinergi dengan pelanggan melalui aplikasi-aplikasi PLN salah satunya New PLN Mobile. Aplikasi ini sangat memudahkan tentunya bagi pelanggan yang membutuhkan informasi up to date dari PLN, cukup dengan menginstal pada perangkat cellular melalui AppStore maupun PlayStore, maka dengan mudahnya pelanggan memperoleh berbagai informasi layanan PLN diantaranya pelayanan Pasang Baru, Tambah daya, Simulasi Perhitungan Rekening, Pelayanan Penerangan Sementara, Mengecek Tagihan Listrik dan Layanan Kelistrikan lainnya.

Pencapaian Kinerja Tahun 2021 yang masih perlu kami lakukan perbaikan adalah kinerja SAIDI dan  Penjualan Tenaga Listrik. Untuk mengurai dan mencari solusi perbaikan maka metode RCPS cukup efektif untuk diterapkan. Pada Kinerja SAIDI yang menjadi akan permasalah adalah system kita yang belum sepenuhnya terintegrasi SCADA pada pertengahan Tahun, namun pada akhir tahun ini hampir seluruh proteksi yang terpasang pada jaringan sudah terintegrasi SCADA, artinya dapat dikendalikan dari Dispatcher UP2D, tentu ini berdampak baik untuk percepatan penormalan jaringan 20kv bila memerlukan kegiatan manuver beban dan penormalan bertahap pada jaringan yang tidak terganggu. Kemudian Pola Pemeliharaan jaringan kita yang belum sepenuhnya memaksimalkan UKB (Unit Kabel Bergerak) menjadi perhatian di tahun 2022, UKB adalah Unit Kabel Bergerak yang berarti sifatnya mobile dapat berpindah tempat sesuai dengan kebutuhan, dapat digunakan untuk meminimalisir wilayah padam pada zona pemeliharaan, sehingga pemeliharaan lebih efektif. Kemudian Kinerja selanjutnya adalah Penjualan Tenaga Listrik. Melalui metode RCPS diperoleh kesimpulan bahwa perlunya komunikasi yang baik pada saat eksekusi penetepan menjadi pelanggan. Terlepas dari adanya material yang belum terpenuhi yang tentunya menyebabkan calon pelanggan belum dapat menggunakan energy listrik, maka perlu adanya inovasi-inovasi pelayanan sehingga tidak bergantung pada material, kita berikan satu contoh,ada calon yang memerlukan listrik dengan segera sementara di sisi PLN terkendala ketersediaan material KWH meter, dengan komunikasi yang baik dan sesuai dengan Prosedur PLN maka bidang pelayanan dapat menawarkan layanan Multiguna kepada pelanggan, sehingga calon pelanggan dapat menikmati listrik sesuai dengan kebutuhannya dan PLN dapat menjual listrik dengan perhitungan yang aktual.

Dan pada Akhirnya, Target Kinerja Tahun 2022 semakin menantang dan menuntut kita untuk dapat terus berinovasi dan bersinergi antarbidang, tujuan tidak lain dan tidak bukan adalah demi kepuasan pelanggan. Demikian Sekapur Sirih dari saya, semoga kita semua diberi kekuatan untuk terus berkarya untuk perusahaan tercinta Kita.


Klik disini untuk membaca Majalah Banten Utara Edisi Januari 2022



Tidak ada komentar:

Posting Komentar